Siregar, Yenni Amalia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176175016 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 8176175016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM 8176175016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM 8176175016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 8176175016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM 8176175016 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8176175016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM 8176175016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM 8176175016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
13. NIM 8176175016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 8176175016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan pemecahan
masalah siswa dengan model pembelajaran scientific inquiry dan pembelajaran
konvensional, Penelitian quasi eksperiment yang dilaksanakan menggunakan
pretes-posttest control group design. Sampel dalam penelitian yaitu kelas XI
MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA2 sebagai kelas kontrol yang
dipilih secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes
kemampuan pemecahan masalah siswa dan tes efikasi diri yang berbentuk angket.
Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa
dengan penerapan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik daripada
kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran
konvensional dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada
kelas eksperimen sebesar 65,66 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 63,5,
kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki efikasi diri tinggi lebih baik
daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki efikasi diri rendah
dengan nilai rata-rata efikasi diri tinggi sebesar 76,65 dan yang rendah sebesar
47,00 pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata efikasi diri
tinggi sebesar 65,00 dan yang rendah sebesar 53,84, dan terdapat interaksi antara
model pembelajaran scientific inquiry dan efikasi diri dalam mempengaruhi
kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sir p |
Keywords: | Scientific Inquiry; Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa; Efikasi Diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 10:29 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 10:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38950 |