Ginting, Syahfitriani (2019) Pengembangan Media Video Praktikum IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Topik Klasifikasi zat dan Perubahannya di Kelas VII SMP. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8176182051 COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2 NIM. 8176182051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3 NIM. 8176182051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4 NIM. 8176182051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5 NIM. 8176182051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6 NIM. 8176182051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7 NIM. 8176182051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM. 8176182051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9 NIM. 8176182051 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13 NIM. 8176182051 BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14 NIM. 8176182051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media video praktikum IPA
berbasis saintifik yang layak digunakan, 2) menghasilkan media video praktikum
IPA berbasis pendekatan saintifik yang praktis untuk digunakan, 3) mengetahui
efektifitas media video praktikum IPA berbaisis pendekatan saintifik untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam topik klasifikasi zat dan perubahannya.
Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan
Borg & Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri Satu Atap 4 Barusjahe. Subjek dari penelitian ini
merupakan 33 orang siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap 4 Barusjahe yang
menggunakan media video praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik. Hasil
penelitian menunjukkan (1) validasi ahli materi 4,43 dengan kategori sangat layak
(2) Validasi ahli media 4,36 dengan kategori sangat layak (3) uji kelompok kecil
4,11 dengan kategori praktis, (4) uji coba lapangan 4,63 dengan kategori sangat
praktis, (5) respon siswa siswa terhadap media video praktikum IPA baik.
Keefektifan media video praktikum IPA dilihat dari Hasil belajar mencapai 76,22
dengan persentase Gain score mencapai 0,58 dengan kategori sedang. Video
praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik topik klasifikasi zat dan
perubahannya layak, paktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Gin p |
Keywords: | Video Praktikum IPA; Saintifik; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 08:32 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38940 |