Tarigan, Ester Emerita (2020) Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematik Di SD Negeri Kecamatan Haranggaol Horisan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176182012 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 8176182012 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM 8176182012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 8176182012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM 8176182012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 8176182012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8176182012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 8176182012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8176182012 BAB I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
13. NIM 8176182012 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 8176182012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis validitas LKPD berbasis
Pendekatan Matematika Realistik bernuansa Etnomatematik pada materi pembulatan
bilangan; 2) Menganalisis kepraktisan LKPD berbasis Pendekatan Matematika Realistik
bernuansa Etnomatematik pada materi pembulatan bilangan; 3) Menganalisis efektifitas
LKPD berbasis PMR Bernuansa Etnomatematik pada materi pembulatan bilangan; 4)
Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pengembangan
LKPD berbasis PMR bernuansa Etnomatematik pada materi pembulatan bilangan.
Adapun subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan
Haranggaol, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis Pendekatan
Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematik. Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan melalui model 4D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Hasil
penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil validitas ahli materi 85,42%, ahli desain
94,23%, dan ahli bahasa 94, 44 %. Dari hasil validasi LKPD yang dikembangkan maka
LKPD termasuk dalam kriteria sangat baik dan dinyatakan valid serta layak untuk
digunakan; (2) LKPD bernuansa etnomatematik dikategorikan praktis karena LKPD
hasil tanggapan respon siswa dari uji coba I dan uji coba II mengalami peningkatan
dengan persentase rata-rata Uji I respon siswa 88.1% dan Uji II respon siswa 91,9%
tertarik dengan LKPD; (3) Pendekatan matematik realistik bernuansa etnomatematik
dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan asumsi nilai matematika siswa
lebih tinggi saat menggunakan LKPD; (4) Kemampuan berfikir kritis anak meningkat
dengan persentase pada uji coba I 60% dan pada uji coba II 96%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Tar p |
Keywords: | Pengembangan; LKPD; Pendekatan Matematika Realistik; Etnomatematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 11:37 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 11:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38923 |