Darmawan, Ahmad (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Islam Terhadap Kemampuan Spasial Dan Kemandirian Belajar Siswa MA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172004 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 8166172004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM 8166172004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM 8166172004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM 8166172004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 8166172004 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 8166172004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8166172004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (856kB) | Preview
12. NIM 8166172004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM 8166172004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
Abstract
Penelitian pembelajaran ini berfokus pada: (1) menganalisis apakah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah islami terhadap kemampuan spasial matematika siswa atau tidak dan (2) menganalisis apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi islami terhadap kemandirian belajar siswa atau tidak dan (3) menganalisis apakah ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan spasial matematika siswa atau tidak. (4) menganalisis apakah ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemandirian belajar siswa atau tidak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan tes kemampuan spasial matematika dan angket kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII di MAS Nurul Hikmah Tinjowan Tahun Ajaran 2019/2020 dan sampelnya adalah 32 siswa di kelas XII-1 IPS yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi islam dan 32 siswa di kelas XII-2 IPS yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Alat Uji hipotesis yang digunakan adalah Two Way Anova dan menemukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi islam terhadap kemampuan spasial matematika siswa dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berorientasi islami terhadap kemandirian belajar siswa (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan spasial matematika siswa. (4) tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemandirian belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Dar p |
Keywords: | kemampuan spasial matematika; self regulated learning; pembelajaran berbasis masalah berorientasi islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 10:48 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 10:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38916 |