Agusmar, Rian (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8156172054 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. NIM 8156172054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
3. NIM 8156172054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 8156172054 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. NIM 8156172054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 8156172054 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 8156172054 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8. NIM 8156172054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (943kB) | Preview
12. NIM 8156172054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM 8156172054 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran problem posing, (2) peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran problem posing, (3) efektivitas perangkat pembelajaran problem posing yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa, dan (4) kepraktisan perangkat pembelajaran problem posing yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah ini menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian inii adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada posttest uji coba I dan uji coba II sebesar 7 point, (2) terdapat peningkatan rata-rata self-efficacy siswa pada angket uji coba I dan uji coba II sebesar 0,19 point, (3) validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid, dan keefektifan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif, (4) kepraktisan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari: a) validator menyatakan perangkat pembelajarandapat digunakan revisi kecil; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Agu p |
Keywords: | perangkat pembelajaran; model pengembangan 4-d; problem posing ; kemampuan penalaran matematis; dan self efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 10:14 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 10:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38912 |