Maisyarah, Raja (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172043 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 8176172043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM. 8176172043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8176172043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM. 8176172043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM. 8176172043 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 8176172043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 8176172043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
12. NIM. 8176172043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. NIM. 8176172043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan; 3) Peningkatan disposisi matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap mengujicobakan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan di kelas XI-1 dan XI-3 SMA Negeri 1 Batang Kuis. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Validitas media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid ditinjau dari nilai validitas media pembelajaran dengan nilai rata-rata total validitas media sebesar 4,57 dari ahli media dan 4,47 dari ahli materi pelajaran. Kepraktisan media pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran matematika positif dan ketuntasan Lembar Kerja Kelompok pada setiap pertemuan. Keefektifan media pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan penggunaan waktu pembelajaran yang ideal; 2) Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada uji coba I yaitu 78,08 meningkat menjadi 83,58 pada uji coba II; dan 3) Terjadi peningkatan disposisi matematis siswa pada uji coba I yaitu 2,84 meningkat menjadi 2,96 pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mai p |
Keywords: | pengembangan media pembelajaran matematika; geogebra; kemampuan berpikir kreatif; disposisi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 04:37 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38888 |