Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa

Maisyarah, Raja (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176172043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176172043 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176172043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176172043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176172043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176172043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176172043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176172043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176172043 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176172043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176172043 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176172043 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176172043 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176172043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176172043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176172043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176172043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176172043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176172043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176172043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan; 3) Peningkatan disposisi matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap mengujicobakan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan di kelas XI-1 dan XI-3 SMA Negeri 1 Batang Kuis. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Validitas media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid ditinjau dari nilai validitas media pembelajaran dengan nilai rata-rata total validitas media sebesar 4,57 dari ahli media dan 4,47 dari ahli materi pelajaran. Kepraktisan media pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran matematika positif dan ketuntasan Lembar Kerja Kelompok pada setiap pertemuan. Keefektifan media pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan penggunaan waktu pembelajaran yang ideal; 2) Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada uji coba I yaitu 78,08 meningkat menjadi 83,58 pada uji coba II; dan 3) Terjadi peningkatan disposisi matematis siswa pada uji coba I yaitu 2,84 meningkat menjadi 2,96 pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Mai p
Keywords: pengembangan media pembelajaran matematika; geogebra; kemampuan berpikir kreatif; disposisi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:37
Last Modified: 12 Mar 2020 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38888

Actions (login required)

View Item
View Item