PengembanganModul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI SD Negeri 102062 Bangun Bandar Tahun Ajaran 2019/2020

Sitohang, Maria Nanda (2020) PengembanganModul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI SD Negeri 102062 Bangun Bandar Tahun Ajaran 2019/2020. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 8176182030 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 8176182030 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8176182030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8176182030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 8176182030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 8176182030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 8176182030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 8176182030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 8176182030 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 8176182030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 8176182030 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 8176182030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 8176182030 BAB I.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 8176182030 BAB I.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of 11 NIM. 8176182030 BAB V.pdf]
Preview
Text
11 NIM. 8176182030 BAB V.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM. 8176182030 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12 NIM. 8176182030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE, yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan Modul Tematik berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriftif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian.Subjek pada penelitian ini adalah tiga validator ahli (ahli media, ahli desain, dan ahli materi), kemudian guru dan siswa kelas VI di SD Negeri 102062
Bangun Bandar, dimana jumlah siswa kelas VI adalah 31 orang. Sebagai sample uji coba kelompok besar diambil siswa sebanyak 20 orang, kelompok sedang sebanyak 8 orang dan kelompok kecil sebanyak 3 orang yang diambil secara total sampling dengan kemampuan, jenis kelamin dan tingkat kecerdasan yang bervariasi utnuk diajarkan.Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi syarat kelayakan dengan hasil validasi materi dinyatakan sangat layak dengan persentase 92,5%, ahli bahasa dinyatakan layak dengan persentase
83,02%, dan ahli desain dinyatakan sangat layak digunakan di lapangan dengan persentase 91,17%. Dalam penelitian ini kelayakan juga didapat dari angket respon siswa setelah siswa memakai dan mersakan produk yang trelah dikembangkan. Hasil angket respon siswa terhadap modul tematik berbasis inkuiri terbimbing juga dikatakan layak dengan persentase 77%. Hasil pretes siswa mencapai rata-rata skor 34. Sedangkan hasil postes setelah menggunakan media auduiovisual mencapai rata-rata skor 75,6. Untuk melihat efektivitas media audiovisual dengan menggunakan rumus N-gain dengan nilai N-Gain mencapai
0,63 dan dapat dikategorikan efektifitas sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa modul tematik berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan di kelas VI SD Negeri
102062 Bangun Bandar Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.071 Sit p
Keywords: Modul; InkuiriTerbimbing; Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:36
Last Modified: 11 Mar 2020 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38874

Actions (login required)

View Item
View Item