ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP AWAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BIDANG STUDI FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION

Panggabean, Deo Demonta (2013) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP AWAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BIDANG STUDI FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106175003 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106175003 Judul.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106175003 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106175003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106175003 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106175003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106175003 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106175003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106175003 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106175003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106175003 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106175003 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106175003 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106175003 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106175003 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106175003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106175003 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106175003 Bab I.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106175003 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106175003 Bab V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 11.8106175003 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11.8106175003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis apakah ada perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran advance organizer dan model pembelajaran direct instruction, (2) untuk menganalisis apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis fisika siswa pada kelompok pemahaman konsep awal tinggi dan pemahaman konsep awal rendah, (3) untuk menganalisis apakah ada interaksi model pembelajaran advance organizer dengan tingkat pemahaman konsep awal siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran advance organizer dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen pemahaman konsep awal dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal dan instrumen kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid dan secara keseluruhan memiliki reliabilitas sangat tinggi. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dan kesimpulan bahwa untuk hipotesis pertama kemampuan berpikir kritis fisika siswa melalui advance organizer (AO) lebih baik dibandingkan direct instruction (DI). Untuk hipotesis kedua disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis fisika antara siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi lebih baik dibandingkan dengan pemahaman konsep awal rendah. Sedangkan untuk hipotesis ketiga menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model advance organizer (AO) dan direct instruction (DI) dengan pemahaman konsep awal siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Pan a
Keywords: Fisika; Advance organizer; Direct Instruction; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 07 May 2016 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item
View Item