Elisa (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS LKS TERSTRUKTUR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106176009 Judul.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. 8106176009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 8106176009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. 8106176009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. 8106176009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
6. 8106176009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 8106176009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. 8106176009 Bab I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
9. 8106176009 Bab V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
10. 8106176009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa dalam menyelesaikan masalah Fisika melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis LKS Terstruktur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Galih Agung Ponpes Darularafah Raya yang berjumlah 21 orang siswa perempuan. Objek penelitiannya adalah proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis LKS Terstruktur. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, mengobservasi dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ada peningkatan pemahaman konsep Fisika dan Aktivitas belajar siswa kelas X SMA Swasta Galih Agung Ponpes Darularafah Raya. Peningkatan pemahaman konsep Fisika tersebut dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dari 10 siswa (47,62%) menjadi 18 siswa (85,71%) dengan rata-rata hasil belajar 66,62 dan 81,09 serta kriteria ketuntasan minimal sebesar 65. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas secara Visual memperoleh persentase skor rata-rata dari 81,90% menjadi 91,42%, secara Oral memperoleh persentase skor rata-rata dari 80% menjadi 87,90%, secara Listening memperoleh persentase skor rata-rata dari 81,27% menjadi 84,15%, secara Writing memperoleh persentase skor rata-rata dari 78,08% menjadi 85,41%, secara Motor memperoleh persentase skor rata-rata dari 72,05% menjadi 80%, secara Mental memperoleh persentase skor rata-rata dari 71,44% menjadi 82,20%, dan secara Emotional memperoleh persentase skor rata-rata dari 73,03% menjadi 82,24%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Eli p |
Keywords: | Fisika; Pembelajaran kooperatif; LKS terstruktur; Teori apos |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 23:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3878 |