Simangunsong, Ika Trisni (2013) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN DIRECT INSTRUCTION (DI). Masters thesis, UNIMED.
1. 8106175006 Judul.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
2. 8106175006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
3. 8106175006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
4. 8106175006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
5. 8106175006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
6. 8106175006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
7. 8106175006 Daftar Skema.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. 8106175006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
9. 8106175006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
10. 8106175006 Bab I.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
11. 8106175006 Bab V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
12. 8106175006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : (1) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Instruction (PBI) dan Direct Instruction (DI), (2) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelompok pemahaman konsep tinggi dan pemahaman konsep rendah, (3) interaksi Problem Based Instruction (PBI) dan Direct Instrrction (DI) dengan tingkat kemampuan konsep siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa SMP Swasta Katolik Assisi Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes pemahaman konsep, (2) tes kemampuan pemecahan masalah. Adapun tes yang digunakan adalah berbentuk essay. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah fisika yang menggunakan Problem Based Instruction lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan Direct Instruction, (2) Kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki pemahaman konsep rendah, (3) tidak terdapat interaksi model pembelajaran (Problem Based Instruction dan Direct Instruction) dengan tingkat kemampuan konsep siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sim a |
Keywords: | Fisika; Direct instruction; Kemampuan pemecahan masalah; Problem based instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 21:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3874 |