Damanik, Dede Parsaoran (2013) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING (IT) DAN DIRECT INSTRUCTION (DI). Masters thesis, UNIMED.
1. 8106175002 Judul.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. 8106175002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106175002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. 8106175002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. 8106175002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. 8106175002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. 8106175002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. 8106175002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. 8106175002 Bab I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
10. 8106175002 Bab V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
11. 8106175002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran langsung. (2) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. (3) Melihat apakah ada interaksi model pembelajaran inquiry training terhadap sikap ilmiah siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Raya Kahean Kabupaten Simalungun. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrument yang digunakan terdiri dari: (1) tes sikap ilmiah siswa melalui angket dengan jumlah angket 25 pernyataan, (2) tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 9 soal. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training lebih baik dibandingkan dengan Direct Instruction. (2) kemampuan berpikir kritis pada sikap ilmiah siswa tinggi lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis pada sikap ilmiah rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training dan Direct Instruction dengan sikap ilmiah siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Dam a |
Keywords: | Fisika; Berpikir kritis; Inquiry training; Direct instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3871 |