ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)

Amalia, Rizki (2013) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106176019 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106176019 Judul.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106176019 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106176019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106176019 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106176019 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106176019 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106176019 Abstrak.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106176019 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106176019 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 6. -8106176019 Bab I.pdf]
Preview
Text
6. -8106176019 Bab I.pdf - Published Version

Download (915kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106176019 Bab V.pdf]
Preview
Text
7. 8106176019 Bab V.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah ada kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran CPS dan model pembelajaran DI. (2) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara yang memiliki tingkat berfikir kritis tinggi dan berfikir kritis rendah. (3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran CPS dan DI dengan tingkat kemampuan berfikir kritis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Sampel penelitian dipilih secara acak dengan mengundi 4 kelas yang ada untuk mendapat 2 kelas sebagai sampel penelitian kelas pertama akan diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving, kelas kedua diajar dengan model Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman konsep dalam bentuk uraian sebanyak 8 soal dalam bentuk uraian dan sebanyak 7 soal telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa untuk hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran CPS dan pembelajaran DI dengan perolehan nilai F hitung sebesar 4,142 dengan prob. sebesar 0,046 < 0,05. Untuk hipotesis kedua disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat pemahaman konsep tinggi dan tingkat pemahaman konsep rendah dengan perolehan nilai F hitung sebesar 257,043 dengan prob. sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan bahwa terdapat terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat pemahaman konsep terhadap tes hasil kemampuan berfikir kritis siswa dengan perolehan nilai F hitung sebesar 14,605 dengan prob. sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Ama a
Keywords: Fisika; Berpikir kritis; Creative problem solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 May 2016 01:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3868

Actions (login required)

View Item
View Item