Pulungan, Nora Alisa (2013) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 08106173033 Judul.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. 08106173033 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. 08106173033 Abstrak.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
4. 08106173033 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. 08106173033 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. 08106173033 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. 08106173033 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 08106173033 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. 08106173033 Bab I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
10. 08106173033 Bab V.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
11. 08106173033 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, (2) pengaruh tingkat kemandirian siswa terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, (3) interaksi antara pendekatan keterampilan proses dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, (4) pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap aktivitas belajar siswa SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, (5) pengaruh kemandirian siswa terhadap aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan., (6) interaksi antara pendekatan keterampilan proses dan kemandirian terhadap aktivitas siswa SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan teknik acak random sampling dengan populasi 8 kelas sebanyak 220 siswa menjadi 2 kelas sebanyak 64 siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpian. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda dan kemandirian berbentuk skala likert serta lembar observasi aktivitas siswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan ANAVA 2 jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan aplikasi SPSS ver.19.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan keterampilan proses terbimbing (67,75 ± 12,779 ; X ̅ ± SD) sangat signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan keterampilan proses kreatif (54,78 ± 11,344 ; X ̅ ± SD) dengan (F = 20,570; P = 0,00), (2) Hasil belajar siswa yang memiliki kemandirian tinggi dan rendah dengan (F = 11,140; P = 0,00), (3) Pendekatan keterampilan proses dan kemandirian siswa memiliki hubungan interaksi terhadap hasil belajar siswa dengan (F = 4,994; P = 0,000), (4) Pengaruh pendekatan keterampilan proses terbimbing terhadap aktivitas (94,94 ± 13,363 ; X ̅ ± SD) signifikan lebih baik dibandingkan dengan pendekatan keterampilan proses kreatif terhadap aktivitas belajar (84,69 ± 20,464 ; X ̅ ± SD) dengan (F = 0,569; P = 0,020), (5) Aktivitas siswa yang memiliki kemandirian tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki kemandirian rendah dengan (F = 11,140; P = 0,00), (6) Pendekatan pembelajaran dan kemandirian siswa memiliki hubungan interaksi terhadap aktivitas belajar siswa dengan (F = 2,987; P =0 ,000). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan pendekatan pembelajaran keterampilan proses dalam pembelajaran biologi tentang pencemaran lingkungan dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa serta mampu menelaah kemandirian siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Pul p |
Keywords: | Biologi; Kemandirian; Aktivitas belajar; Pembelajaran keterampilan proses |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 00:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3863 |