MUNTHE, NURASIAH BR (2020) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SDN 104208 CINTA RAKYAT T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 1151111038_COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2.NIM.1151111038_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
3.NIM. 1151111038_ ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4.NIM. 1151111038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5.NIM. 1151111038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
6.NIM. 1151111038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7.NIM. 1151111038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8.NIM. 1151111038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
9.NIM. 1151111038_BAB I.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13.NIM. 1151111038_BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14.NIM. 1151111038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada
Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia menggunakan model Contextual Teaching
and Learning, dengan tujuaan untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2
siklus dan 4 tahapan masing-masing siklus terdiri dari tahapan
perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V-B SDN 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 30 siswa yang
terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen pengumpul data
yang digunakan dalam penilian ini adalah angket dan observasi yang dilakukan pada
saat pembelajaran berlangsung untuk mendapatkan data minat belajar siswa pada
tema Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi siswa dari jumlah keseluruhan
sebanyak 30 siswa. Pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang berminat sebanyak 5
siswa dengan persentase (17%) dan yang tidak berminat sebanyak 25 siswa dengan
persentase (83%), dan pertemuan II yang berminat sebanyak 14 siswa dengan
persentase (47%) dan yang tidak berminat 16 siswa dengan persentase (53%). Dan
pada siklus II pertemuan I siswa yang berminat sebanyak 21 siswa dengan persentase
(70%) dan siswa yang tidak berminat sebanyak 9 siswa dengan persentase (30%) dan
pertemuan II siswa yang berminat sebanyak 28 siswa dengan persentase (93%) dan
yang tidak berminat sebanyak 2 siswa dengan persentase (7%). Dari hasil penelitian
melalui angket dari jumlah keseluruhan sebanyak 30 siswa. Pada kondisi awal jumlah
siswa yang berminat sebanyak 6 siswa dengan persentase (20%) dan siswa yang tidak
berminat sebanyak 24 siswa dengan persentase (80%). Pada siklus I jumlah siswa
yang berminat sebanyak 14 siswa dengan persentase (47%) dan yang tidak berminat
sebanyak 16 siswa dengan persentase (53%). Pada siklus II jumlah siswa yang
berminat sebanyak 28 siswa dengan persentase (93%) dan yang tidak berminat
sebanyak 2 siswa dengan persentase (7%). Dilihat dari lembar observasi guru pada
siklus I pertemuan I dengan persentase (65%) dan pertemuan II dengan persentase
(78%). Dan pada siklus II pertemuan I dengan persentase (87%) dan pertemuan II
dengan persentase (94%).
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat
meningkatkan minat belajar siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia
kelas V SDN 104208 Cinta Rakyat T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PGSD 005 |
Keywords: | Minat Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QL Zoology Q Science > QL Zoology > QL750 Animal behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 08:54 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38603 |