Sitompul, Fitriani (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PBM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136171025 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8136171025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8136171025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8136171025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 8136171025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 8136171025 TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 8136171025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM. 8136171025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8136171025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 8136171025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan perangkat yang efektif dalam pembelajaran matematika yang dikembangkan berdasarkan model PBM; 2) Menemukan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan model PBM; 3) Menemukan peningkatan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan model PBM; 4) Menemukan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan model PBM; 5) Menemukan proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4D). Uji coba perangkat pembelajaran berdasarkan model PBM dilakukan sebanyak dua kali untuk memperoleh perangkat yang berkualitas. Uji coba yang pertama (uji coba I) dilakukan di kelas XI TKJ-1 dan uji coba yang kedua (uji coba II) dilakukan di kelas XI TKJ-2 SMK Tritech Informatika Medan. Hasil penelitian uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, efektif ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan model PBM, pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai posttest 73,83, dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai posttes 86,67; 3) pencapaian diposisi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan model PBM pada uji coba I memperoleh nilai rata-rata 69,5 dan meningkat pada uji coba II dengan memperoleh nilai rata-rata 74,13; 4 ) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif; 5) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.711 Sit p |
Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis, disposisi siswa, model 4-D, pengembangan perangkat pembelajaran, model PBM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 07:00 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38470 |