Pandiangan, Winner Macson (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK PHARMACA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809225023 Judul.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. 809225023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3. 809225023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. 809225023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. 809225023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
6. 809225023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. 809225023 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. 809225023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. 809225023 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 809225023 Bab V.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
11. 809225023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi TGT dan Strategi Ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Gaya Belajar Kinestetik dan Gaya Berpikir Visual, (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pharmaca Medan sebanyak 3 kelas dengan jumlah 122 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 81 orang.instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentukpilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban terdiri dari 40 butir soal. Untuk menjaring data Gaya Belajar siswa dilakukan melalui angket yang telah diuji kevalidannya, uji coba angket dilakukan pada 40 orang siswa, dari 48 butir angket yang ditujukan terdapat 33 butir angket yang dinyatakan sahih namun hanya 30 item soal yang digunakan dalam penelitian. Untuk menganalisis tes hasil belajar Matematika digunakan korelasi point biserial, sedangkan analisis angket gaya Belajar digunakan product moment. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur padu taraf signifikansi a = 0,05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji Fisher.Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran TGT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori, (2) hasil belajar Matematika siswa yangmemiliki Gaya belajar Kinestetik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yangmemiliki Gaya belajar Visual, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaanStrategi pembelajaran dengan Gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajarMatematika. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Strategipembelajaran TGT lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki Gaya belajarKinestetik dan Strategi Ekspositori lebih tepat digunakan pada siswa yangmemiliki Gaya belajar Visual. Implikasi dari penelitian ini secara khususditujukan kepada guru Matematika yaitu dalam penerapan Strategi pembelajaranharus diperhatikan karakteristik siswa khususnya Gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.24 Pan p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Gaya belajar; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 05:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3844 |