YOLANDARI, YOLAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KARTU BERPASANGAN PADA MATERI REAKSI REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4151131043 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4151131043 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3 NIM 4151131043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4 NIM 4151131043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5 NIM 4151131043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6 NIM 4151131043 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 NIM 4151131043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 NIM 4151131043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9 NIM 4151131043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13 NIM 4151131043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14 NIM 4151131043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan media kartu berpasangan terhadap hasil belajar kimia materi reaksi redoks pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Binjai. Teknik pengambilan sampel secara random sampling, diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan media kartu berpasangan dan kelas X MIA 3 sebagai kelas Kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor setiap soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pretest sebesar 38 pada kelas ekperimen dan rata-rata pretest kelas kontrol adalah 36,67. Setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 83 dan pada kelas Kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 80,16. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil uji statistik uji thitung pada taraf signifikan 5% dan db = 58 yang menunjukkan thitung > ttabel (2,293 > 2,002) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan media kartu berpasangan memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia pada materi reaksi redoks siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 001 |
Keywords: | Hasil Belajarr, TPS, Media Kartu Berpasangan , Reaksi Redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:43 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38384 |