HUTASOIT, DIANA (2019) PENGGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MEMBACA NOTASI BALOK SISWA KELAS VIII SMP METHODIST-7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2143340012 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 2143340012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. NIM. 2143340012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 2143340012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 2143340012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM. 2143340012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 2143340012 TABELS.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 2143340012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
12. NIM. 2143340012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM. 2143340012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan metode picture and picture, kemampuan membaca,efektivitas, dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik dalam membaca notasi balok di SMP Methodist-7 Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pembelajaran, metode pembelajaran picture and picture, kemampuan membaca, hasil belajar,notasi balok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang meliputi beberapa aspek : pengamatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Methodist-7 Medan berlokasi di Jalan Madong Lubis No.7 Medan Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Medan Timur. Waktu penelitian ini dilaksanakan di bulan Juli 2019 hingga September 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan satu orang guru seni musik, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu orang guru seni musik, satu orang wali kelas dan Sembilan orang siswa kelas VIII maka sampel dalam penelitian ini adalah 11 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode picture and picture dalam meningkatkan kemampuan membaca notasi balok mendapatkan peningkatan hasil belajaar siswa yang signifikan karena siswa secara langsung mempraktekkan diruang kesenian dimana siswa diberi tes praktek oleh guru untuk membaca notasi balok pada alat media keyboard.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSK 011 |
Keywords: | Metode Picture and Picture, notasi balok, kemampuan membaca, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:42 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38365 |