POHAN, TUTI ALAWIYAH (2020) PENGARUH BLENDED LEARNING DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151131041 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4151131041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM 4151131041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM 4151131041 PREFACE .pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM 4151131041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM 4151131041 TABLES .pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4151131041 ILLUSTRATION .pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4151131041 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
13. NIM 4151131041 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM 4151131041 BIBLOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Blended Learning dalam model pembelajaran Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Populasi sampel semua kelas XI IPA sebanyak dua kelas dan digunakan sebagai sampel total dimana kelas eksperimen I diajarkan dengan blended learning dalam model pembelajaran
discovery learning dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, berupa soal-soal pokok bahasan larutan penyangga untuk mengukur hasil belajar
kimia siswa (pilihan berganda). Persyaratan uji normalitas menggunakan uji kolmogrov-smirnov, persyaratan uji homogenitas menggunakan uji levene. Analisis data menggunakan uji t dengan teknik independent sample t-test menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan analisa data, nilai rata- rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan blended learning dalam model pembelajaran
discovery learning lebih besar peninkatannya dari 50,33 menjadi 86,83 dibandingkan dengan yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dari 49,33 menjadi 79,66. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis, diperoleh data bahwa sig (2-tailed) < α atau 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima
dan Ho ditolak. Dari data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh blended learning dalam model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Blended Learning,
Independent sample t-test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 002 |
Keywords: | Hasiil Belajar; Model Discovery Learning; Blended Learning; Independent Sampel t-tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:42 |
Last Modified: | 04 May 2020 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38345 |