HARDIANTI, SRI RIZKI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DISERTAI DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151131038 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4151131038 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
3. NIM 4151131038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM 4151131038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM 4151131038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM 4151131038 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4151131038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4151131038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM 4151131038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. NIM 4151131038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Predict Observe Explain (POE) disertai demonstrasi pada materi larutan penyangga. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel 1 dan sampel 2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) disertai demonstrasi. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan distruktor setiap soalnya. Hasil pengolahan data
diperoleh rata-rata pretest pada kedua sampel adalah 27,91. Setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata hasil belajar pada kedua sampel sebesar 75.67. Nilai rata-rata gain dari kedua sampel adalah 73%. Analisis data menggunakan uji t paired sample pada taraf signifikan 5% dan db = 58, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Setelah dianalisis, diperoleh hasil dengan kriteria thitung > ttabel (2,296 >2,0021 (pretest), 2,147 > 2,0021 (posttest)) sehingga Ha diterima yang menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran
Predict Observe Explain (POE) disertai demonstrasi terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 003 |
Keywords: | Hasil Belajar; Perdict Observe Explain (POE); Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 04 May 2020 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38343 |