PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

RAMADHANI, RIZKY ASTRI (2019) PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan dan Riwayat Hidup.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan dan Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 3. Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 4. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training berbantuan media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok dinamika rotasi. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 9 Medan T.P 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pmbelajaran inquiry training berbantuan media PhET dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional yang berupa direct
instructional, untuk kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen keterampilan proses sains sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model
pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET pada materi pokok dinamika rotasi diperoleh nilai rata-rata postest sebesar 82,78 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65,00 serta simpangan baku 8,23 dan hasil keterampilan pross sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi pokok dinamika rotasi diperoleh nilai rata-rata postes
sebesar 70,86 dengan nilai tertinggi 85,00 dan nilai terendah 55,00 serta simpangan baku 8,09. Hasil Uji hipotesis menunjukkan thitung = 6,153 > ttabel = 2,024, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan proses sains siswa
dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET memiliki pengaruh yag lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training berbantuan media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi
pokok dinamika rotasi. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 9 Medan T.P 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pmbelajaran inquiry training berbantuan media PhET dan kelaskontrol diterapkan model pembelajaran konvensional yang berupa direct instructional, untuk kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol
berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen keterampilan proses sains sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model
pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET pada materi pokok dinamika rotasi diperoleh nilai rata-rata postest sebesar 82,78 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65,00 serta simpangan baku 8,23 dan hasil keterampilan pross sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi pokok dinamika rotasi diperoleh nilai rata-rata postes
sebesar 70,86 dengan nilai tertinggi 85,00 dan nilai terendah 55,00 serta simpangan baku 8,09. Hasil Uji hipotesis menunjukkan thitung = 6,153 > ttabel = 2,024, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan proses sains siswa
dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET memiliki pengaruh yag lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 009
Keywords: Inquiry Training;MediaPhET;Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:41
Last Modified: 04 May 2020 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38341

Actions (login required)

View Item
View Item