RAMADHANI, RIZKY ASTRI (2019) PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan dan Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training berbantuan media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok dinamika rotasi. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 9 Medan T.P 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pmbelajaran inquiry training berbantuan media PhET dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional yang berupa direct
instructional, untuk kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen keterampilan proses sains sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model
pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET pada materi pokok dinamika rotasi diperoleh nilai rata-rata postest sebesar 82,78 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65,00 serta simpangan baku 8,23 dan hasil keterampilan pross sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi pokok dinamika rotasi diperoleh nilai rata-rata postes
sebesar 70,86 dengan nilai tertinggi 85,00 dan nilai terendah 55,00 serta simpangan baku 8,09. Hasil Uji hipotesis menunjukkan thitung = 6,153 > ttabel = 2,024, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan proses sains siswa
dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET memiliki pengaruh yag lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training berbantuan media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi
pokok dinamika rotasi. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 9 Medan T.P 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pmbelajaran inquiry training berbantuan media PhET dan kelaskontrol diterapkan model pembelajaran konvensional yang berupa direct instructional, untuk kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol
berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen keterampilan proses sains sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model
pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET pada materi pokok dinamika rotasi diperoleh nilai rata-rata postest sebesar 82,78 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65,00 serta simpangan baku 8,23 dan hasil keterampilan pross sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi pokok dinamika rotasi diperoleh nilai rata-rata postes
sebesar 70,86 dengan nilai tertinggi 85,00 dan nilai terendah 55,00 serta simpangan baku 8,09. Hasil Uji hipotesis menunjukkan thitung = 6,153 > ttabel = 2,024, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan proses sains siswa
dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET memiliki pengaruh yag lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 009 |
Keywords: | Inquiry Training;MediaPhET;Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 04 May 2020 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38341 |