TANIA, MAYANG (2020) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2153311027 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2 NIM 2153311027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (817kB) | Preview
03 NIM 2153311027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
04 NIM 2153311027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
05 NIM 2153311027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
06 NIM 2153311027 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
07 NIM 2153311027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
09 NIM 2153311027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
13 NIM 2153311027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14 NIM 2153311027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan menggunakan Model Ekspositori (2) mengetahui hasil belajar dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun
Pembelajaran 2019/2020 dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match. (3) mengetahui efektivitas model cooperative learning tipe index card match dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Perbaungan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 279 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah Kelas XI MIA 3 sebanyak 32
orang siswa sebagai kelas kontrol dan Kelas XI MIA 1 sebanyak 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah two-group post test only design. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah berupa tes esai. Berdasarkan hasil yang diperoleh, siswa
yang menggunakan Model Ekspositori berada dalam kategori cukup baik, yaitu dengan nilai rata-rata 67,03. Sedangkan hasil yang diperoleh dari siswa yang menggunakan Model Cooperative Leraning Tipe Index Card Match berada dalam kategori baik, yaitu dengaan nilai rata-rata 83,28. Sehingga Model Cooperative Leraning Tipe Index Card Match lebih efektif digunakan dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 023 |
Keywords: | Efektivitas, Teks Eksplanasi, Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 04 May 2020 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38335 |