KHAIRUNNISA, WIDYA (2020) PENGEMASAN MATERI TARI HITAM MANIS DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF POWERPOINT UNTUK SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153141024 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 2153141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 2153141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 2153141024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 2153141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 2153141024 LIST OF IMAGE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2153141024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 2153141024 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 2153141024 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
11. NIM. 2153141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
15. NIM. 2153141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
16. NIM. 2153141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan empat langkah-langkah pengemasan materi tari Hitam Manis sesuai dengan KD 3.1 dalam bentuk multimedia interaktif PowerPoint untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Di Kota Medan. Teori yang digunakan adalah teori yang disampaikan oleh Kotler dan Amstrong (2015: 212) serta Rudi dan Cepi (2017: 102-126) yang menjelaskan bagaimana tahapan-tahapan dalam pembuatan multimedia interaktif PowerPoint. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif di mana data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan teliti. Hasil pengolahan data disusun secara sistematis dalam bentuk skripsi. Dalam proses penelitian ini diikuti dalam empat tahapan yakni: tahapan pertama mengindentifikasi program untuk memastikan program tersebut sudah tepat, tahapan kedua mengumpulkan bahan materi mengenai tari Hitam Manis sesuai
dengan kompotensi dasar 3.1 dan bahan sesuai sasaran seperti materi gambar, dan video tari Hitam Manis untuk siswa SMP, tahapan ketiga pengerjaan di PowerPoint dalam bentuk multimedia interaktif, dan tahapan keempat mereview program, revisi atau mengevaluasi hasil dengan uji kelayakan validasi ahli materi dan uji validasi ahli media. Produk pengemasan materi tari Hitam Manis dalam bentuk multimedia interaktif PowerPoint untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama di Kota Medan memperoleh hasil uji kelayakan dengan skor 83% oleh ahli media dan oleh ahli materi memperoleh hasil 91%. Hasil produk
berarti materi tari Hitam Manis dalam bentuk multimedia interaktif PowerPoint sangat layak untuk dijadikan pembelajaran apresiasi untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah pertama di Kota Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 TARI 017 |
Keywords: | Pengemasan, Tari Hitam Manis, Multimedia Interaktif Powerpoint |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:40 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38301 |