Siregar, Elma Sema Putri (2020) PENGEMASAN BAHAN AJAR TARI TAPA-TAPA DALAM BENTUK AUDIO VISUAL (VCD) UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS DI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 215141009 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 215141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 215141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 215141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 215141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 215141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 215141009 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 215141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
12. NIM. 215141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM. 215141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengemasan bahan ajar pada materi Apresiasi dan Ekspresi Tari Tapa-tapa melalui audio visual untuk diajarkan kepada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas di Sumatera Utara.
Selain itu mendeskripsikan langkah-langkah dan hasil dalam pembuatan pengemasan Tari Tapa-tapa melalui audio visual untuk dapat diajarkan kepada siswa Sekolah Menengah Atas di Sumatera Utara. Teori-teori yang digunakan adalah teori pengemasan Setyosari (2015) yaitu langkah-langkah pengemasan yang meliputi perencanaan, penyusunan, produksi, dan evaluasi. Teori bahan ajar Prastowo (2015) yaitu materi ajar yang disusun sistematis dan digunakan untuk proses pembelajaran dalam bentuk audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk menguji kelayakan bahan ajar audio visual (VCD) adalah dengan
menggunakan angket Uji Validasi Produk Audio Visual (VCD) dan Angket Uji Validasi Materi, angket ini terdiri dari aspek penilaian yaitu berdasarkan standar kompetensi. Penelitian ini menghasilkan suatu produk bahan ajar audio visual VCD materi tari Tapa-tapa. Dimulai dari (1) Perencanaan dengan pembuatan
materi bahan ajar, pemilihan penari, penetapan lokasi pengambilan foto dan video produk, serta penyiapan sarana dan prasarana, (2) Penyusunan, dimana semua materi bahan ajar kegiatan KD 3 apresiasi dan KD 4 ekspresi yg meliputi latar
belakang tari Tapa-tapa, fungsi tari Tapa-tapa, gerak dasar tari Tapa-tapa, tata rias, tata busana, alat musik, tutorial serta penampilan video pertunjukan tari Tapa-tapa yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran tari, (3)
Produksi yakni penyuntingan hasil gambar dan suara dengan menggunakan Wondershare Filmore, (4) Evaluasi, dilakukan oleh 2 validator untuk validasi materi dan 1 validator untuk validasi audio visual (VCD) dengan cara pemberian angket validasi. Pada tahap validasi, dengan hasil validasi oleh ahli materi dengan
skor 4,6 dan validasi oleh ahli produk audio visual (VCD) dengan skor 4,4. Dari skor tersebut produk bahan ajar dalam bentuk audio visual (VCD) mendapat kategori sangat baik diterapkan untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas di
Sumatera Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 TARI 018 |
Keywords: | PENGEMASAN, BAHAN AJAR, AUDIO VISUAL (VCD) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:40 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38300 |