Syafii, Muhammad (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MELALUI TEKNIK PERCEPATAN GERAKAN MATA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 064027 KARANG SARI KECAMATAN MEDAN POLONIA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116182015 Judul.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. 8116182015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
3. 8116182015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. 8116182015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. 8116182015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 8116182015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. 8116182015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 8116182015 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 8116182015 Bab I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
10. 8116182015 Bab V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
11. 8116182015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat melalui teknik percepatan gerakan mata pada siswa kelas V sekolah dasar negeri nomor 064027 Karang Sari. Guru menemukan apakah model membaca cepat melalui teknik percepatan gerakan mata dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Subjek penelitian ini di kelas V SD Negeri Nomor 064027 Karang Sari dengan jumlah siswa 33 orang siswa. Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui teknik percepatan gerakan mata tersebut diperoleh melalui pembelajaran dengan menggunakan percepatan mata dalam membaca kolom, dan tes yang dilakukan kepada siswa, observasi serta wawancara. Hasil tes dihitung dengan menggunakan rumus kecepatan efektif membaca (KEM), hasil perolehan menggambarkan kemampuan kecepatan siswa dalam membaca cepat kata per menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan kecepatan membaca rata-rata siswa 59, siklus I kecepatan membaca rata-rata siswa 82 kata per menit, pada siklus II terdapat kenaikan menjadi rata-rata 164 kata per menit. Pada pra tindakan siswa yang mampu membaca minimal 75 kata per menit 33%, siklus I siswa yang mampu membaca minimal 75 kata per menit 64%, pada siklus II naik menjadi 90,91%. Dalam memahami isi bacaan pada pra tindakan yang mempunyai nilai minimal 75 ada 15%, siklus I siswa yang mempunyai nilai minimal 75 ada 27% pada siklus II naik menjadi 76%. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa melalui penerapan tekhnik percepatan gerakan mata mampu meningkatkan kemampuan membaca cepat melalui gerakan mata siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.410 71 Sya p |
Keywords: | Kata; Frasa; Gerakan mata; Membaca cepat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 23:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3821 |