Puspitasari, Wiwik (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116182030 Judul.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. 8116182030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8116182030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. 8116182030 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. 8116182030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. 8116182030 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. 8116182030 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8. 8116182030 Bab I.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
9. 8116182030 Bab V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
10. 8116182030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bercerita, yang terdiri dari (1) buku panduan guru, (2) rencana kegiatan harian, dan (3) buku cerita untuk anak usia dini. Perangkat pembelajaran tersebut selanjutnya digunakan dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan guru meningkat dengan menggunakan perangkat pembelajaran dan hasil belajar keterampilan berbicara anak didik meningkat dengan menggunakan perangkat pembelajaran tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( Research and Development/R&D), model 4-D (Four D Model) yang telah di modifikasi. Tahapan model pengembangan model 4-D adalah, pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subyek penelitian ini adalah seluruh anak didik kelompok B Ibnu Sina Raudhatul Athfal Al Musabbihin Medan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 orang. Anak laki-laki berjumlah 9 orang dan anak perempuan 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi perangkat pembelajaran, (2) lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, (3) lembar pengamatan aktifitas anak, (4) lembar kesan guru, (5) tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran bercerita meningkat, yaitu 4,66 mencapai kategori “sangat baik”, yaitu pada interval 4,50  TKG  5,00 (2) Keterampilan berbicara anak untuk menceritakan isi cerita yang meningkat, oleh karena t = -12,795 terletak diluar daerah kritis -2,093 dan 2,093, maka H0 ditolak dan Ha diterima, (3) Efektifitas pembelajaran bercerita meningkat setelah penggunaan perangkat pembelajaran bercerita. Konsekuensi logis dari penggunaan perangkat pembelajaran bercerita berimplikasi pada meningkatnya kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran bercerita , meningkatnya minat, perhatian anak didik, dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan efektif sehingga dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Thiagarajan; Bercerita; Berbicara; Anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 20:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3817 |