Napitupulu, Risma H.B. (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PORSEA. Masters thesis, UNIMED.
1. 809225019 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 809225019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
3. 809225019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. 809225019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. 809225019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. 809225019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. 809225019 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. 809225019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9. 809225019 Bab I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
10. 809225019 Bab V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
11. 809225019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar lempar lembing siswa yang dibelajarkan dengan metode bermain dan hasil belajar lempar lembing siswa yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi, 2) mengetahui hasil belajar lempar lembing siswa yang memiliki power lengan kuat dan hasil belajar lempar lembing siswa yang memiliki power lengan lemah, dan 3) mengetahui adanya interaksi antara metode pembelajaran, power lengan terhadap hasil belajar lempar lembing siswa.Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Porsea dan SMP Negeri 2 Porsea semester ganjil TP 2010/2011. Populasi terdiri dari 379 orang dan sampel diambil empat kelas dengan menggunakan teknik random sampling berjumlah 72 orang, SMP Negeri 1 Porsea , dipilih kelas VIIIB, dan VIIID: 35 anak laki-laki yang dibelajarkan dengan metode bermain dan SMP Negeri 2 Porsea dipilih kelas VIIIC dan VIIIE: 37 anak laki-laki yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi. Tes power lengan dilakukan untuk mengelompokkan atas power lengan kuat dan power lengan lemah. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji scheffe, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil keterampilan lempar lembing yang dibelajarkan dengan metode bermain lebih tinggi dari pada hasil keterampilan lempar lembing siswa yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi dengan Fhitung 4,01 > Ftabel 3,98. 2) Hasil keterampilan lempar lembing yang memiliki power lengan kuat lebih tinggi dari pada hasil keterampilan lempar lembing siswa yang memiliki power lengan lemah Fhitung 10,86 > Ftabel 3,98. 3) Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan power lengan terhadap hasil belajar lempar lembing Fhitung 5,14 > Ftabel 3,98. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain lebih baik daripada metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar lempar lembing. Siswa yang memiliki power lengan kuat memperoleh hasil belajar lembing lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki power lengan lemah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Nap p |
Keywords: | Metode pembelajaran; Lempar lembing; Metode bermain; Metode demonstrasi; Power lengan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 19:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3811 |