LESMANA, FEBY TRIA (2020) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTS. AL-JAMI'IYATUL WASLIYAH TEMBUNG T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111028 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4151111028 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 4151111028 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4151111028 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 4151111028 TABLE OF CONTENS_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 4151111028 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4151111028 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 4151111028 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4151111028 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas LKPD yang dikembangkan dengan pendekatan PMRI pada materi pecahan dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diberi pembelajaran pendekatan realistik menggunakan perangkat pembelajaran berupa LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-11 MTs. Jami’iyatul Wasliyah Tembung. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D) dengan menggunakan model
4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran
digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas LKPD yang
dikembangkan dengan pendekatan PMRI pada materi pecahan dilihat dari aspek kevalidannya memperoleh skor rata-rata penilaian LKPD dari tim ahli adalah 3,68 (valid), berdasarkan aspek kepraktisannya berdasarkan dari hasil angket respon peserta didik diperoleh skor 3,56 (sangat baik), hasil pengisian angket respon guru diperoleh skor 3,67 (sangat baik) , dan berdasarkan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik disimpulkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal 89,65% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik menggunakan LKPD dengan pendekatan matematika
realistik dapat dilihat dari nilai n-Gain 0,69 artinya berada dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 038 |
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik; kemampuan penalaran matematis; pendekatan matematika realistik; pecahan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:22 |
Last Modified: | 28 May 2020 22:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38066 |