HARAHAP, FRISCA ZAHRONA UTAMI (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163331011 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM. 4163331011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. NIM. 4163331011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 4163331011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4163331011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM. 4163331011 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 4163331011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM. 4163331011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4163331011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
13. NIM. 4163331011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4163331011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada materi pokok laju reaksi yang dibelajarkan dengan draft modul PCK Kimia kelas XI MAN 1 Medan Medan. Populasi penelitianya itu seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan Medan sebanyak tujuh kelas. Masing-masing kelas berjumlahkan 40 hingga 45 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan draft modul PCK Kimia. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dimana hasil yang didapat berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (12,6322 > 1,68335) maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan hasil belajar kimia menggunakan draft modul PCK kimia lebih besar atau sama dengan KKM, dimana diperoleh rata-rata pretest sebesar 28,25581 dan rata-rata posttest diperoleh rata-rata sebesar 86,04651 Hasil analisis modul menyatakan bahwa rata-rata keseluruhan hasil validasi sebesar 3,65 yang berarti bahwa modul layak digunakan. Hal ini juga dibuktikan dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan modul PCK kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 018 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pedadagogical Content Knowledge; Laju Reaksi |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:22 |
Last Modified: | 26 May 2020 16:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38061 |