ARDILA, MUTIA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163331019 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4163331019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
3. NIM. 4163331019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4163331019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM. 4163331019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 4163331019 TABELS.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM. 4163331019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. NIM. 4163331019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM. 4163331019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13. NIM. 4163331019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM. 4163331019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Rendahnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran membuat siswa kurang tertarik memperhatikan pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media iSpring presenter dan media Powerpoint pada materi kesetimbangan kimia di MAS Muallimin Univa Medan. Jenis penelitian adalah Reseach and Developmen (R&D) model Borg and Gall. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen II. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa media iSpring
Presenter yang diukur dengan menggunakan standar kelayakan BSNP memperoleh nilai kelayakan media 91,67% dan kelayakan materi 88,04%. Sedangkan powerpoint yang digunakan di sekolah mendapatkan nilai kelayakan
media 75% dan kelayakan materi 76,08%. Data hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I 34,62 pada saat postes mengalami peningkatan menjadi 88,50. Sedangkan rata-rata pretes kelas eksperimen II 39,87 setelah dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata 82,25. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media iSpring Presenter yaitu 82,84% sedangkan nilai rata-rata
siswa dengan menggunakan media Powerpoint yaitu 70,77%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media iSpring Presenter dan media
powerpoint yang dibelajarkan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 020 |
Keywords: | PENGEMBANGAN MEDIA; ISPRING PRESENTER; MODEL BORG AND GALL; KESETIMBANGAN KIMIA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:22 |
Last Modified: | 12 May 2020 21:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38057 |