JANNAH, NISA NURUL (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MODEL PBL DAN IL DENGAN MEDIA HANDOUT PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163331021 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2. NIM. 4163331021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 4163331021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 4163331021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5.NIM. 4163331021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6.NIM. 4163331021 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7.NIM. 4163331021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM. 4163331021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9.NIM. 4163331021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13.NIM. 4163331021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14.NIM. 4163331021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) dan Inquiry Learning (IL) dengan media handout pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini dilakukan dengan metode Pretest-Postest, Nonequivalent Multiple Group Design yang dilaksanakan di Ponpes Ar-Raudhatul Hasanah. Sampel yang terpilih menggunakan teknik purposive sampling pada kelas 5G untuk kelas eksperimen I dan 5K untuk kelas eksperimen II. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa, lembar observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa. Uji hipotesis I dan II menggunakan teknik independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan : Adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan model PBL dan IL dengan media handout pada materi kesetimbangan kimia. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen I adalah 87,29 sedangkan pada kelas eksperimen II adalah 81,45. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t (α = 0,05) diperoleh thitung = 3,13 untuk hasil belajar dan thitung = 2,68 untuk aktivitas siswa dengan ttabel = 2,021 sehingga harga thitung > ttabel (3,13 > 2,021) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dengan model PBL dan IL dengan media handout pada materi kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 030 |
Keywords: | Problem based learning, Inquiry learning, hasil belajar kimia, aktivitas siswa, handout |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:17 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38017 |