PADANG, JEKI BAHDI PUTRA (2020) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR KLOHI, KECAMATAN SALAK, KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153210008 COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2. NIM. 2153210008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
3. NIM. 2153210008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM. 2153210008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 2153210008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 2153210008 TABLES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM. 2153210008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM. 2153210008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (863kB) | Preview
12. NIM. 2153210008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 2153210008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode, serta faktor-faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode di Pasar Klohi, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik metode simak beserta teknik lanjutannya yaitu teknik wawancara, teknik rekam, dan teknik catat. Data kemudian diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan teori sosiolinguistik. Peneliti menemukan adanya peristiwa alih kode internal antarbahasa dan alih kode antarvarian bahasa. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa alih kode tersebut adalah (1) penutur; dengan tujuan menghormati lawan tutur, mengimbangi lawan tutur, dan tawar-menawar (2) lawan tutur; hanya untuk tawar-menawar. Selanjutnya ditemukannya bentuk campur kode berupa penyisipan kata, frasa, klausa, dan penyisipan kata dan frasa. Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya campur kode tersebut adalah (1) penutur; tujuan menunjukkan kemampuannya, tawar menawar dan mempengaruhi lawan tutur. (2) berlatar pada kebahasaan; keterbatasan penggunaan kode/kata dan End (tujuan) (3) faktor kebiasaan; dilakukan oleh penutur dan lawan tutur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 030 |
Keywords: | Alih Kode; Campur Kode; Alih Kode Internal |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5437 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:17 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38013 |