SIMAMORA, MIRNA SARI (2020) PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163131017 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
2. NIM. 41363131017 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
3. NIM. 4163131017 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
4. NIM. 4163131017 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. NIM. 4163131017 TABLE CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 4163131017 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4163131017 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4163131017 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4163131017 CHAPTER 1.pdf.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
13. NIM. 4163131017 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
14. NIM 4163131017 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan awal kimia siswa kelas XI IPA SMA Cerdas Murni Medan, (2) Pengaruh pembelajaran PBL menggunakan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa, (3) Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa (4) Interaksi bahan ajar dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa, (5) Pengaruh pembelajaran PBL menggunakan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap sikap spiritual siswa, , (6) Pengaruh kemampuan awal terhadap sikap spiritual siswa, (7) Hubungan sikap spiritual dengan hasil belajar dengan menggunakan bahan ajar terintegrasi nilai –nilai spiritual. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Cerdas Murni Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar terinregarasi nilai-nilai spiritual dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan bahan ajar buku pegangan siswa dengan menggunakan model PBL. Instrumen yang digunakan dalam instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,693 dan angket sikap spiritual siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Paired sample T-test, Correlation dan Anava Dua Jalur pada program SPSS 22.0 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian adapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh pembelajaran Problem Based Learning menggunakan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa, (2) Ada pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa , (3) Tidak Terdapat interaksi antara bahan ajar dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa, (4) Ada pengaruh pembelajaran Problem Based Learning menggunakan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap sikap spiritual siswa, (5) Tidak ada pengaruh kemampuan awal terhadap sikap spiritual siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Problem Based Learning menggunakan bahan ajar terintegrasi nilai – nilai spiritual, (6) Terdapat hubungan sikap spiritual dengan hasil belajar menggunakan bahan bahan ajar kimia terintegrasi nilai – nilai spiritual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 032 |
Keywords: | Nilai-nilai Spiritual, Bahan Ajar Kimia, Problem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:17 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38011 |