SIBORO, RIRIS HOTNI (2020) ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA MENGENAI IMPLEMENTASI KKNI PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2017. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151141050 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4151141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3. NIM 4151141050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 4151141050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 4151141050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM 4151141050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4151141050 TABELS.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 4151141050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM 4151141050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. NIM 4151141050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM 4151141050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa mengenai implementasi KKNI pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi Angkatan 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2017 berjumlah 55 orang. Objek penelitian adalah lembar observasi dan jawaban dari mahasiswa serta angket penelitian dan jawaban dari mahasiswa. Data diperoleh dengan metode observasi dan jawaban dari setiap angket yang diberikan kepada mahasiswa. Hasil dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan Microsoft Exel. Pemahaman mahasiswa terhadap KKNI pada kategori sangat tidak baik dengan interval 16.6%-33% adalah sebanyak nol orang (tidak ada), untuk kategori pemahaman tidak baik dengan interval 33%-50% adalah sebanyak 12 orang, untuk kategori pemahaman kurang baik dengan interval 50%-66% adalah sebanyak 31 orang, untuk kategori pemahaman baik dengan interval 66%-83% adalah sebanyak 12 orang, dan untuk kategori sangat baik dengan interval 83%-100% adalah sebanyak nol orang (tidak ada).Hasil dari penelitian menunjukkan pemahaman mahasiswa mengenai implementasi KKNI pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi dalam kategori kurang baik, dengan persentase 60.8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 020 |
Keywords: | Tujuan, Peran, Enam Tugas KKNI |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:17 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38010 |