PERBEDAAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMK SWASTA PRAYATNA 2 MEDAN T.A 2019/2020

SIREGAR, ARIFIN (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMK SWASTA PRAYATNA 2 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5151121004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5151121004 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5151121004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5151121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5151121004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5151121004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5151121004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5151121004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5151121004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5151121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5151121004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5151121004 TABLES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5151121004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5151121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5151121004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5151121004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5151121004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5151121004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5151121004 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5151121004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 5151121004 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5151121004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5151121004 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5151121004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5151121004 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5151121004 CHAPTER V.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5151121004 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5151121004 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5151121004 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5151121004 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Konvensional dalam mata pelajaran alat ukur siswa kelas X SMK Swasta Prayatna 2 Medan. T.A 2019/2020.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Swasta Prayatna 2 Medan T.A 2019/2020. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 (32 orang) sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas X TKR 2 (31 orang) sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling (random atau acak). Instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibitasnya dari hasil perhitungan tes hasil belajar ditemukan 21 soal yang valid dengan realibitas 0.836 tergolong sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebesar 54.84 dan rata-rata nilai postest sebesar 80.31, sedangkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 51.77 dan nilai rata-rata nilai postest sebesar 70.48. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 4.8784 > 2.000 pada taraf signifikan 95 % dan α = 0.05. Hal ini terbukti bahwa Ho ditolak yang berarti Ha diterima atau dapat disimpulkan Hasil belajar dalam pengenalan jenis, spesifikasi, fungsi alat ukur mekanik dan penggunaan alat-alat ukur mekanik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 MSN 015
Keywords: Pembelajaran Jigsaw, Pembelajaran Pembelajaran Konvensional Hasil Belajar Alat Ukur
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:16
Last Modified: 27 Aug 2025 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38007

Actions (login required)

View Item
View Item