SIREGAR, ARIFIN (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMK SWASTA PRAYATNA 2 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5151121004 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM. 5151121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
3. NIM. 5151121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 5151121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 5151121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM. 5151121004 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 5151121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5151121004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5151121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 5151121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5151121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Konvensional dalam mata pelajaran alat ukur siswa kelas X SMK Swasta Prayatna 2 Medan. T.A 2019/2020.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Swasta Prayatna 2 Medan T.A 2019/2020. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 (32 orang) sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas X TKR 2 (31 orang) sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling (random atau acak). Instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibitasnya dari hasil perhitungan tes hasil belajar ditemukan 21 soal yang valid dengan realibitas 0.836 tergolong sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebesar 54.84 dan rata-rata nilai postest sebesar 80.31, sedangkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 51.77 dan nilai rata-rata nilai postest sebesar 70.48. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 4.8784 > 2.000 pada taraf signifikan 95 % dan α = 0.05. Hal ini terbukti bahwa Ho ditolak yang berarti Ha diterima atau dapat disimpulkan Hasil belajar dalam pengenalan jenis, spesifikasi, fungsi alat ukur mekanik dan penggunaan alat-alat ukur mekanik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSN 015 |
Keywords: | Pembelajaran Jigsaw, Pembelajaran Pembelajaran Konvensional Hasil Belajar Alat Ukur |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:16 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38007 |