PASARIBU, SILVIA WATI (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN SINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) PADA PRAKTIKUM MATERI POKOK SISTEM SIRKULASI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 21 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151141053 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 4151141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM. 4151141053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 4151141053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 4151141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4151141053 TABLES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM. 4151141053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM. 4151141053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM. 4151141053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM. 4151141053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 4151141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 berbasis scientific approach selama pembelajaran biologi, mengetahui tahapan belajar yang menjadi masalah atau kendala dalam penerapan scientific approach dalam pembelajaran biologi, dan mengetahui permasalahan atau kendala berdasarkan scientific approach yang paling dominan selama pembelajaran biologi di SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi,,angket siswa, dan tambahan berupa wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan scientific approach dalam kegiatan pembelajaran biologi keseluruhan sebesar 83,75% dengan kategori terlaksana baik. Sementara pelaksanaan penerapan inti scientific approach dalam pembelajaran biologi sebesar 85,54% dengan kategori terlaksana baik, tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan sebesar 81,9%, 77,5%, 96,5%, 90,6%, 81,2%. Tahapan belajar scientific approach yang dominan yaitu menalar/mengumpulkan data, dan yang merupakan kendala atau masalah dalam pembelajaran yaitu menanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 028 |
Keywords: | Scientific Approach, Biology Learning, Learning Stage |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:10 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 10:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37996 |