IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN SINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) PADA PRAKTIKUM MATERI POKOK SISTEM SIRKULASI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 21 MEDAN

PASARIBU, SILVIA WATI (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN SINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) PADA PRAKTIKUM MATERI POKOK SISTEM SIRKULASI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 21 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4151141053 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151141053 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151141053 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151141053 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151141053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151141053 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151141053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151141053 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4151141053 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4151141053 TABLES.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4151141053 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4151141053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4151141053 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4151141053 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151141053 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151141053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151141053 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151141053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151141053 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 berbasis scientific approach selama pembelajaran biologi, mengetahui tahapan belajar yang menjadi masalah atau kendala dalam penerapan scientific approach dalam pembelajaran biologi, dan mengetahui permasalahan atau kendala berdasarkan scientific approach yang paling dominan selama pembelajaran biologi di SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi,,angket siswa, dan tambahan berupa wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan scientific approach dalam kegiatan pembelajaran biologi keseluruhan sebesar 83,75% dengan kategori terlaksana baik. Sementara pelaksanaan penerapan inti scientific approach dalam pembelajaran biologi sebesar 85,54% dengan kategori terlaksana baik, tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan sebesar 81,9%, 77,5%, 96,5%, 90,6%, 81,2%. Tahapan belajar scientific approach yang dominan yaitu menalar/mengumpulkan data, dan yang merupakan kendala atau masalah dalam pembelajaran yaitu menanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 028
Keywords: Scientific Approach, Biology Learning, Learning Stage
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:10
Last Modified: 02 Mar 2020 10:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37996

Actions (login required)

View Item
View Item