GULTOM, ZENCO JOSUA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUARY TRAINING TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 7 MEDAN TP. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4153121071 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4153121071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM 4153121071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 4153121071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 4153121071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 4153121071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 4153121071 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4153121071 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9. NIM 4153121071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13. NIM 4153121071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
14. NIM 4153121071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquary Training terhadap berpikir kreatif siswa pada materi pokok Elastisitas di SMA Negeri 7 Medan kelas XI semester I T.A 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Inquary Training berjumlah 36 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan berbentuk essai test sebanyak 8 soal yang telah divalidasi.
Hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 36,39 dan kelas kontrol 36,13. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji kesamaan rata-rata pretest (uji t) diperoleh thitung<ttabel, hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda dilakukan posttest, hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 82,30 dan kelas kontrol 75,71. Berdasarkan analisis uji kesamaan rata-rata posttest (uji t) diperoleh t hitung = 2,19 sedangkan t tabel= 1,67. Kriteria pengujian t hitung > t tabel (4,91> 1,669), maka Ho ditolak dan Ha diterima diperoleh, hal ini menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Inquary Training terhadap berpikir kreatif siswa pada materi pokok Elastisitas di SMA Negeri 7 Medan kelas XI semester I T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 029 |
Keywords: | Berpikir Kreatif, Elastisitas, Model Pembelajaran Inquary Training |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 10:49 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37990 |