PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUARY TRAINING TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 7 MEDAN TP. 2019/2020

GULTOM, ZENCO JOSUA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUARY TRAINING TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 7 MEDAN TP. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4153121071 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153121071 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153121071 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153121071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153121071 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153121071 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153121071 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153121071 PREFACE.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153121071 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153121071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4153121071 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4153121071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4153121071 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4153121071 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4153121071 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4153121071 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153121071 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153121071 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153121071 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153121071 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153121071 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153121071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquary Training terhadap berpikir kreatif siswa pada materi pokok Elastisitas di SMA Negeri 7 Medan kelas XI semester I T.A 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Inquary Training berjumlah 36 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan berbentuk essai test sebanyak 8 soal yang telah divalidasi.
Hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 36,39 dan kelas kontrol 36,13. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji kesamaan rata-rata pretest (uji t) diperoleh thitung<ttabel, hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda dilakukan posttest, hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 82,30 dan kelas kontrol 75,71. Berdasarkan analisis uji kesamaan rata-rata posttest (uji t) diperoleh t hitung = 2,19 sedangkan t tabel= 1,67. Kriteria pengujian t hitung > t tabel (4,91> 1,669), maka Ho ditolak dan Ha diterima diperoleh, hal ini menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Inquary Training terhadap berpikir kreatif siswa pada materi pokok Elastisitas di SMA Negeri 7 Medan kelas XI semester I T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 029
Keywords: Berpikir Kreatif, Elastisitas, Model Pembelajaran Inquary Training
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 10:49
Last Modified: 27 Feb 2020 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37990

Actions (login required)

View Item
View Item