RIZKI AMALIANI, DEBY (2020) IMPLEMENTASI MATERI PEMBELAJARAN TARI MUNALO BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151141004 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2. NIM. 2151141004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (817kB) | Preview
3. NIM. 2151141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 2151141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM. 2151141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 2151141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2151141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 2151141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
10. NIM. 2151141004 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (911kB) | Preview
11. NIM. 2151141004 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (850kB) | Preview
12. NIM. 2151141004 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 2151141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 2151141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
15. NIM. 2151141004 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar tari Munalo sebelum dan sesudah menggunakan Blended Learning. Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian yakni teori Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 dengan Blended Learning oleh Nanindya Deklara, Pengaruh Pembelajaran Blended Learning oleh Hima Lina Rihatul. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental one grup pretest dan post test. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas yaitu kelas XI-IPA 2 di SMA Negeri 8 Takengon yaitu berjumlah 32 orang. Pemilihan kelas dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu aspek pengamatan guru dan belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa pembelajaran tari Munalo di kelas XI-IPA 2 di SMA Negeri 8 Takengon sebelum menggunakan media blended learning dengan rata-rata nilai pretest apresiasi 63,12 dengan standar deviasi 8,30371. Setelah menggunakan media blended learning rata-rata nilai post test apresiasi 85,15 dengan standar deviasi 7,01201. Data pretest dan post test berdistribusi normal dan homogeny. Dari hasil uji Paired Simple T Test menggunakan SPSS menunjukkan nilai signifikan 0,00 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat Disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar sesudah diterapkannya pembelajaran tari Munalo berbasis Blended Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 TARI 026 |
Keywords: | IPLEMENTASI, TARI MUNALO, MEDIA BLENDED LEARNING |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 10:49 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37989 |