Zebua, Testi Bazarni (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN APRESIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA SMA NEGERI 1 TARUTUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. 071188210017 Judul.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 071188210017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
3. 071188210017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. 071188210017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. 071188210017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. 071188210017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. 071188210017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. 071188210017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. 071188210017 Bab I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
10. 071188210017 Bab V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
11. 071188210017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah belajar seni musik siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari hasil belajar seni musik siswa yang diajar dengan strategi ekspositori, (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar seni musik siswa yang memiliki tingkat apresiasi tinggi lebih tinggi dari belajar seni musik siswa yang memiliki tingkat apresiasi rendah, dan (3) untuk mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan apresiasi dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar seni musik siswa.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Tarutung terdiri 3 kelas dengan jumlah siswa 110 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas sampel yaitu kelas X1 = 36 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kontruktivisme dan kelas X3 = 36 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 38 butir. Untuk menjaring data tingkat apresiasi siswa dilakukan melalui tes yang telah diuji kepada siswa XI SMA Negeri 1 Tarutung. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar seni musik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran discovery learning dari konstruktivisme (nilai rata-rata = 79,67) lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (nilai rata-rata = 76,67). (2) Hasil belajar seni musik siswa yang memiliki tingkat apresiasi tinggi (nilai rata-rata = 79,50) lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki tingkat apresiasi rendah (nilai rata-rata = 74,93). (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat apresiasi dalam mempengaruhi hasil belajar seni musik siswa. Siswa dengan apresiasi tinggi akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran discovery learning dari konstruktivisme. Demikian pula dengan siswa yang memiliki apresiasi rendah, akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.Guru disarankan : (1) Memperhatikan materi pelajaran yang akan disampaikan dan merancang strategi pembelajaran yang akan diterapkan di kelas. (2) Memperhatikan karakteristik siswa, karena kemampuan apresiasi yang bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Zeb p |
Keywords: | Seni Musik; Apresiasi; Pembelajaran |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3789 |