Simanjuntak, Juliper (2011) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 071188230046 Judul.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. 071188230046 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
3. 071188230046 Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. 071188230046 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. 071188230046 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
6. 071188230046 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. 071188230046 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. 071188230046 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. 071188230046 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. 071188230046 Bab I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
10. 071188230046 Bab V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
11. 071188230046 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah hasil belajar lompat jauh siswa yang diajar dengan gaya mengajar inldusi lebih tinggi dari hasil belajar lompat jauh siswa yang diajar dengan gaya mengajar komando, (2) mengetahui apakah hasil belajar lompat jauh siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dari hasil belajar lompat jauh siswa yang memiliki kreativitas rendah, dan (3) untuk mengetahui apakah ada interaksi antara gaya mengajar dan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar lompat jauh siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I5 Medan yang beralamat JI.Sekolah Pembangunan No. 17 Medan yang berjumlah 155 orang siswa dengan jumlah sampel 76 orang siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA 2 x 2. Untuk menentukan siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah dalam penelitian ini sepenuhnya diberi kepercayaan kepada ahlinya yaitu Tim Psikolog. Untuk menguji validitas instrumen lompat jauh yaitu dengan meminta pendapat dari ahli (judgment experts ) sedangkan untuk uji reliabilitas dilakukan tes dan retes (dilakukan dua kali tes dengan selang waktu 3 hari), kemudian hasilnya dibitung menggunakan rumus product momentHasil pengujian bipotesis menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajar dengan gaya mengajar inldusi memiliki hasil belajar lompat jaub yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan gaya mengajar komando. Hal ini ditunjukkan oleb Fhitung = 15,94 > Ftabel = 3,92 pada taraf signifikansi a = 0,05; (2) Siswa yang memilik.i kreativitas tinggi memiliki hasil belajar lompat jauh yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kreativitas rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 10,82 > Ftabel = 3,82 pada taraf signifikansi a = 0,05; (3) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar lompat jauh. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 105,32 > Ftabel = 3,82 pada taraf signifikansi a = 0,05.Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan untuk mengembangkan dan memilih gaya mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.102 Sim p |
Keywords: | Lompat jauh; Mengajar inklusi; Kreativitas; Mengajar komando; Pembelajaran; Pendidikan olahraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3787 |