Adesti, Maya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7133342033_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133342033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3. NIM. 7133342033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM. 7133342033_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
5. NIM. 7133342033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
6. NIM. 7133342033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 7133342033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 7133342033_BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM. 7133342033_BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 7133342033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada jurnal khusus pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan yang beralamat di jalan Cempaka Raya No.75, Medan Helvetia.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yaitu sebanyak 93 orang, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari 2 kelas , kelas XII IPS 1 yang berjumlah 30 orang dan kelas XII IPS 2 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang dikutip dari buku panduan kelas XII yang dianggap sudah valid dan reliabel, maka tidak perlu diuji cobakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata dan standard deviasi, uji normalitas ,uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung> ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 45,66 dengan standar deviasi 9,25 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 77 dengan standar deviasi 8,96. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 49 dengan standar deviasi 9,86 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 81,83 dengan standar deviasi 8,03. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α = 0,05. Pada posttest hasil belajar diperoleh thitung = 2,20 sedangkan ttabel = 1,67 dengan thitung> ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran akuntansi materi jurnal khusus kelas XII IPS SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 162 |
Keywords: | Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:05 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37810 |