Lumban Gaol, Marcellinus (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DAN TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341118 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 7133341118 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. NIM. 7133341118 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 7133341118 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM. 7133341118 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 7133341118 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 7133341118 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7133341118 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7133341118 BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM. 7133341118 BAB V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
14. NIM. 7133341118 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar antara kalompok yang diajar dengan model Brainstorming dan Talking Stick, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki aktivitas tinggi dan aktivitas rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran yang diterapkan dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang diambil dalam 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas XI-IS 2 dan 36 siswa
kelas XI-IS 3. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian iniadalah simple random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Tes tersebut dilakukan sebelum (Pre
Test) dan sesudah (Post Test) diberi perlakuan pembelajaran kepada siswa. Teknik analisis data secara kuantitatif melalui uji analisis variansi dua jalur, yang
sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan Brainstorming dan Talking Stick, dengan rata-rata hasil belajar 79,72 dan 74,30 dengan sig. 0,032 < 0,05, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan aktivitas tinggi dan rendah
dengan rata-rata hasil belajar 79,77 dan 72,40 dengan taraf sig. 0,000 atau lebih kecil dari α = 0,05, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran yang
diterapkan dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar dengan taraf sig. 0,002 atau lebih kecil dari α = 0,05. Peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa
yang diajar dengan model Brainstorming lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan Talking Stick, hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas
tinggi lebih baik dari pada yang memiliki aktivitas rendah, dan terdapat interaksi antara model yang diterapkan dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar, dimana model pembelajaran Brainstorming efektif diterapkan pada siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi sedangkan model Talking Stick efektif diterapkan pada siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 145 |
Keywords: | Model Pembelajaran Brainstorming, Talking Stick, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:02 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37783 |