PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK TUNAS KARYA KEC.BATANGKUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Butar-butar, Mutiara (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK TUNAS KARYA KEC.BATANGKUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133142029_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133142029_COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133142029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133142029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133142029_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133142029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133142029_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133142029_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133142029_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133142029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133142029_ DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133142029_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133142029_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133142029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133142029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133142029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133142029_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133142029_BAB I.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 7133142029_BAB V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 7133142029_BAB V.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133142029_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133142029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan Strategi Pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis, Jl. Tanjung Morawa-BatangKuis Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Akuntansi di SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis T.P 2017/2018 yang berjumlah 93 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah acak sederhana (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI AK-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel penelitian, terlebih dahulu di uji cobakan di kelas XI AK-3 SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis Medan sebanyak 30 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Tehnik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata posttes kelas eksperimen 82,41 dengan Standar Deviasi 9,54 dan skor rata-rata posttest kelas kontrol 75,19 dengan Standar Deviasi 11,97. Dari pengujian diperoleh thitung(2,45) > ttabel(2,01), yang berarti hipotesis penelitian diterima, yaitu hasil belajar akuntansi pada materi dana kas kecil dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan Strategi Pembelajaran Index Card Match lebih tinggi dari hasil belajar Akuntansi siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan strategi pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar akuntansi materi dana kas kecil siswa kelas XI di SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 183
Keywords: HASIL BELAJAR; THINK PAIR SHARE; INDEX CARD MATCH
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:59
Last Modified: 21 Feb 2020 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37756

Actions (login required)

View Item
View Item