Butar-butar, Mutiara (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK TUNAS KARYA KEC.BATANGKUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142029_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7133142029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
3. NIM. 7133142029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
4. NIM. 7133142029_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 7133142029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 7133142029_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
7. NIM. 7133142029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 7133142029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 7133142029_BAB I.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
13.NIM. 7133142029_BAB V.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
14. NIM. 7133142029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan Strategi Pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis, Jl. Tanjung Morawa-BatangKuis Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Akuntansi di SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis T.P 2017/2018 yang berjumlah 93 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah acak sederhana (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI AK-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel penelitian, terlebih dahulu di uji cobakan di kelas XI AK-3 SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis Medan sebanyak 30 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Tehnik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata posttes kelas eksperimen 82,41 dengan Standar Deviasi 9,54 dan skor rata-rata posttest kelas kontrol 75,19 dengan Standar Deviasi 11,97. Dari pengujian diperoleh thitung(2,45) > ttabel(2,01), yang berarti hipotesis penelitian diterima, yaitu hasil belajar akuntansi pada materi dana kas kecil dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan Strategi Pembelajaran Index Card Match lebih tinggi dari hasil belajar Akuntansi siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan strategi pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar akuntansi materi dana kas kecil siswa kelas XI di SMK Tunas Karya Kec.BatangKuis T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 183 |
Keywords: | HASIL BELAJAR; THINK PAIR SHARE; INDEX CARD MATCH |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:59 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37756 |