PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Kalsum, Umi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133142041_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133142041_COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133142041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133142041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133142041_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133142041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133142041_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133142041_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133142041_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133142041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133142041_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133142041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133142041_DAFTAR GAMBAR .pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133142041_DAFTAR GAMBAR .pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133142041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133142041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133142041_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133142041_BAB I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133142041_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133142041_BAB V.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133142041_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133142041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 6 Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi pembelajaran True Or False lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kovensional pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Medan, Jl. Ansari No.34 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS di SMA Negeri 6 Medan T.P. 2017/2018 yang berjumlah 81 orang. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik random sampling dengan cara undian dan berdasarkan rumus slovin, diperoleh jumlah sampel kelas eksperimen 33 siswa dan kelas kontrol 34 siswa. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diuji cobakan di kelas XII IPS 3 di SMA Negeri 10 Medan sebanyak 30 soal. Hal ini dilakukan untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen yaitu 48,94 dan 82,73. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol yaitu 52,79 dan 73,97. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh t_hitung=1,941>t_tabel=1,6692, yang berarti hipotesis penelitian diterima yaitu hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi pembelajaran True Or False lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi pembelajaran True Or False berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi pada materi jurnal khusus siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 188
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE; MODEL KONVENSIONAL; HASIL BELLAJAR AKUNTANSI
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:58
Last Modified: 21 Feb 2020 09:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37745

Actions (login required)

View Item
View Item