PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SANTO THOMAS 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pasaribu, Olivia M. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SANTO THOMAS 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.7133342051_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7133342051_COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.7133342051_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM.7133342051_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7133342051_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7133342051_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.7133342051_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM.7133342051_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.7133342051_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM.7133342051_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7133342051_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7133342051_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.7133342051_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM.7133342051_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.7133342051_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM.7133342051_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.7133342051_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.7133342051_BAB I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.7133342051_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.7133342051_BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.7133342051_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM.7133342051_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS di SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan yang berlokasi di Jalan S.Parman Medan Petisah pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 64 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yang di peroleh dari rumus slovin, sehingga diperoleh jumlah sample yang terdiri dari kelas eksperimen 32 siswa dan kelas kontrol 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal, yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku pelajaran akuntansi kelas XI yang telah berstandard nasional sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,65 dengan standar deviasi 7,16 dan nilai mean tes hasil belajar siswa kelas kontrol 77,74 dengan standar deviasi 7,51. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (4,25) > ttabel (1,671) yang berarti hipotesis diterima yaitu hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw secara signifikan lebih besar dibandingkan dengan yang diajar model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan pada Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 189
Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:57
Last Modified: 24 Feb 2020 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37731

Actions (login required)

View Item
View Item