Pasaribu, Olivia M. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SANTO THOMAS 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7133342051_COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM.7133342051_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM.7133342051_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM.7133342051_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM.7133342051_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM.7133342051_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM.7133342051_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM.7133342051_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM.7133342051_BAB I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM.7133342051_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM.7133342051_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS di SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan yang berlokasi di Jalan S.Parman Medan Petisah pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 64 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yang di peroleh dari rumus slovin, sehingga diperoleh jumlah sample yang terdiri dari kelas eksperimen 32 siswa dan kelas kontrol 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal, yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku pelajaran akuntansi kelas XI yang telah berstandard nasional sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,65 dengan standar deviasi 7,16 dan nilai mean tes hasil belajar siswa kelas kontrol 77,74 dengan standar deviasi 7,51. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (4,25) > ttabel (1,671) yang berarti hipotesis diterima yaitu hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw secara signifikan lebih besar dibandingkan dengan yang diajar model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan pada Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 189 |
Keywords: | Model Pembelajaran Jigsaw, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:57 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37731 |