PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEBAYA KARTINI MODIFIKASI PADA SISWA KELAS XI SMK PENCAWAN MEDAN

GINTING, ELISABETH FLORENCIA MARCELLA (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEBAYA KARTINI MODIFIKASI PADA SISWA KELAS XI SMK PENCAWAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5103141008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5103141008 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5103141008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5103141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5103141008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5103141008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5103141008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5103141008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5103141008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5103141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5103141008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5103141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5103141008 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5103141008 TABLES.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5103141008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5103141008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 5103141008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 5103141008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5103141008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5103141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan :1) Untuk mengetaui hasil belajar memuat pola kebaya kartini modifikasi dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas XI SMK Pencawan Medan. 2) Untuk mengetaui hasil belajar merubah pola kebaya kartini modifikasi setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture di kelas XI SMK Pencawan Medan.3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar membuat pola kebaya kartini modifikasi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas XI SMK Pencawan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelasXI Tata Busana SMK Pencawan Medan, Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak dua kelas dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling yaitu Teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kecendrungan hasil belajar membuat pola kebaya kartini modifikasi pada siswa kelas XI SMK Pencawan Medan untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 70 %. Dan tingkat kecendrungan hasil belajar membuat pola kebaya kartini modifikasi untuk kelas control cenderung rendah yakni 66,7 %. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus liliefors pada taraf signifikan 0,05dengan dk =30, di peroleh data hasil belajar pembuatan pola eksperimen berdistribusi normal , karena Lhitung<Ltabel(0,064 < 0,161) dan kelas control berdistribusi normal, karena Lhitung<Ltabel (0,143 < 0,161). Uji homogenitas, diperoleh Fhitung<Ftabel (1,02< 1,86) seingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji –t diperoleh nilai thitungsebesar 11,090dan ttabel pada taraf signifikan 0,05dengan dk = 58 sebesar 1,671. Dengan demikian thitung<ttabel (11,090 < 1,671).Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Membuat Pola Kebaya Kartini Modifikasi pada SiswaKelas XI SMK Pencawan Medan. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan picture and picture baik digunakan di SMK Pencawan Medan terutama dalam mata pelajaran membuat pola

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PKK 011
Keywords: MODEL PEMBELAJAARAN ,PICTURE AND PICTURE,MEMBUAT POLA KEBAYA KARTINI MODIFIKASI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:51
Last Modified: 26 Feb 2020 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37678

Actions (login required)

View Item
View Item