SYAPUTRA, DEDI AHMAD (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111014 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4133111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
3. NIM 4133111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 4133111014 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. NIM 4133111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM 4133111014 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
7. NIM 4133111014 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 41333111014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM 4133111014 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
10. NIM 4133111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (776kB) | Preview
14. NIM 4133111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
15. NIM 4133111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di kelas X SMA Negeri 1 Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolga yang Terdiri dari 10 kelas. Dua kelas dijadikan sampel, yaitu kelas X MIA 2 yang merupakan kelas ekperimen I sebanyak 32 orang dan kelas X MIA 4 yang merupakan kelas eksperimen II sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)dan pada kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan pretest dan postest dengan bentuk soal essay sebanyak 3 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pre-test 56,43 dan simpangan baku pre-test 8,82 sedangkan nilai rata-rata post-test 84,90 dan simpangan baku post-test 8,83. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest 56,00 dan simpangan baku pre-test 8,62 sedangkan nilai rata-rata post-test 82,09 dan simpangan baku post-test 7,80 Dari analisa data post-test dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 1,928 dan ttabel = 1,6683 Sehingga diperoleh thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di kelas X SMA Negeri 1 Sibolga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 196 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH; STAD DAN TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:47 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37640 |