PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA T.A 2017/2018

SYAPUTRA, DEDI AHMAD (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133111014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133111014 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133111014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133111014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133111014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133111014 CURRICULUM VITAE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133111014 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133111014  PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133111014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133111014 LIST OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133111014 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133111014 LIST OF PICTURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133111014 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 41333111014 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM 41333111014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133111014 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133111014 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4133111014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4133111014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133111014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133111014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4133111014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4133111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di kelas X SMA Negeri 1 Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolga yang Terdiri dari 10 kelas. Dua kelas dijadikan sampel, yaitu kelas X MIA 2 yang merupakan kelas ekperimen I sebanyak 32 orang dan kelas X MIA 4 yang merupakan kelas eksperimen II sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)dan pada kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan pretest dan postest dengan bentuk soal essay sebanyak 3 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pre-test 56,43 dan simpangan baku pre-test 8,82 sedangkan nilai rata-rata post-test 84,90 dan simpangan baku post-test 8,83. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest 56,00 dan simpangan baku pre-test 8,62 sedangkan nilai rata-rata post-test 82,09 dan simpangan baku post-test 7,80 Dari analisa data post-test dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 1,928 dan ttabel = 1,6683 Sehingga diperoleh thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di kelas X SMA Negeri 1 Sibolga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 196
Keywords: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH; STAD DAN TPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:47
Last Modified: 27 Feb 2020 06:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37640

Actions (login required)

View Item
View Item