SIREGAR, NIKO HENDRA (2020) PEMANFAATAN MEDIA IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NASRANI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2153311031 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM.2153311031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
3. NIM.2153311031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM.2153311031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM.2153311031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
6. NIM.2153311031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM.2153311031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. NIM.2153311031 BAB I.pdf - Published Version
Download (917kB) | Preview
12. NIM.2153311031 BAB V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM.2153311031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Media Imajinasi Terhadap Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Nasrani 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IX yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IX-1 yang berjumlah 30 siswa, dan kelas IX-2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian
Eksperimen.
Metode yang dilalakukan adalah Metode Eksperimen yaitu membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan menggunakan Media Imajinasi dan kelompok yang diberi pembelajaran stuktur cerpen dengan teknik konvensional. Rumus yang
digunakan adalah uji “t”. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara Media Imajinasi, dengan teknik konvensional dalam menulis cerpen siswa kelas IX SMP Nasrani 2 Medan. Hasil perhitungan uji t diperoleh t o lebih besar daripada ttabel yaitu 5,78>2,02 ,pada taraf signifikan 5 % maka perhitungan
uji hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Imajinasi lebih efektif dalam Pembelajaran Menulis Cerpen dibandingkan dengan teknik
konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 005 |
Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN IMAJINASI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:40 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37544 |