GAOL, RISHAYANI LUMBAN (2019) EFEKTIVITAS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA SANTO YOSEPH AEKKANOPAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2153311046 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. NIM.2153311046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
3. NIM.2153311046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM.2153311046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM.2153311046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
6. NIM.2153311046 TABLES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7. NIM.2153311046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. NIM.2153311046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. NIM.2153311046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (903kB) | Preview
13. NIM.2153311046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
14. NIM.2153311046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) pada siswa kelas XI SMA Swasta Santo Yoseph Aekkanopan tahun pembelajaran 2019/2020. (2) mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Swasta Santo Yoseph Aekkanopan tahun pembelajaran 2019/2020. (3) mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta Santo Yoseph Aekkanopan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas XI Sains yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI Sos yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah two-grup post test only design. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes esai. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 65,31 dan standar deviasi 13,69, sedangkan hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi pada kelas eksperimen adalah sebesar 83,75 dan standar deviasi 9,60. Dari uji data yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, Lhitung< Ltabel
(0,0892 < 0,1565) dan pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0,1554< 0,1565) yaitu berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (2.03 < 2,281) yakni homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh t0 sebesar 6,14. Selanjutnya t0 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df=31, maka diperoleh 2,042. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,14 > 2,042, maka Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran creative problem solving (cps) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta Santo Yoseph Aekkanopan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 006 |
Keywords: | Efektivitas, Teks Eksplanasi, Model Creative Problem Solving (Cps) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:40 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37543 |