ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DITINJAU DARI GENDER SISWA DI MTSN 2 MEDAN

Nasution, Nurul Rafiqah (2019) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DITINJAU DARI GENDER SISWA DI MTSN 2 MEDAN. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 8176171023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176171023 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176171023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176171023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176171023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176171023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176171023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176171023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176171023 TABLE CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176171023 TABLE CONTENT.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176171023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176171023 TABLES.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176171023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176171023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176171023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176171023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176171023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176171023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (837kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176171023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176171023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176171023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176171023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kemampuan representasi matematis ditinjau dari gender siswa dimana pembelajaran menggunakan model guided inquiry, (2) disposisi matematis siswa ditinjau dari gender siswa dimana pembelajaran menggunakan model guided inquiry, dan (3) kesulitan representasi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan representasi matematis ditinjau dari gender siswa dimana pembelajaran menggunakan model guided inquiry. Instrumen yang digunakan tes kemampuan representasi, angket disposisi matematis dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan model Mile dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa bergender perempuan pada kategori kemampuan tinggi lebih banyak jumlahnya daripada siswa bergender laki-laki. Pada kategori kemampuan sedang, siswa bergender laki-laki lebih banyak jumlahnya daripada siswa bergender perempuan. Pada kategori kemampuan rendah, siswa bergender perempuan lebih banyak jumlahnya daripada siswa bergender laki-laki. (2) siswa gender laki-laki dan perempuan dengan kemampuan representasi tinggi dapat menyajikan gambar untuk menyelesaikan masalah, membuat persamaan atau ekspresi matematis dan menggunakan representasi untuk menjawab soal dengan kata-kata atau teks tertulis. Siswa dengan kemampuan representasi sedang ditinjau dari gender laki-laki belum mampu pada aspek kata-kata atau teks tertulis. Sedangkan ditinjau dari gender perempuan belum mampu pada aspek representasi visual dan kata-kata atau teks tertulisnya. Siswa dengan kemampuan representasi rendah ditinjau dari gender laki-laki belum mampu pada ketiga aspek kemampuan representasi. Sedangkan ditinjau dari gender perempuan pada aspek representasi visual sudah menyajikan gambar tetapi masih salah. Kemudian, aspek persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis belum mampu dalam membuat model matematis dan kata-kata atau teks tertulis. (3) tingkat disposisi matematis gender laki-laki diperoleh bahwa sebanyak 5 siswa dari 34 siswa memperoleh kategori tinggi (14,70%), kategori sedang sebanyak 10 siswa dari 34 siswa (29,41%) dan pada kategori rendah sebanyak 0 siswa dari 34 siswa (0%). Sedangkan tingkat disposisi matematis ditinjau dari gender perempuan diperoleh bahwa sebanyak 5 siswa dari 34 siswa memperoleh kategori tinggi (14,70%), kategori sedang sebanyak 13 siswa dari 34 siswa (38,23%) dan pada kategori rendah sebanyak 1 siswa dari 34 siswa (2,9%). (4) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan representasi dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry ditinjau dari gender laki-laki mengalami kesulitan dari segi prinsip, segi verbal dan segi prosedur. Sedangkan gender perempuan mengalami kesulitan dari segi konsep, segi prinsip, segi verbal dan segi prosedur.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Disposisi Matematis, Guided Inquiry, Gender
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 29 Jan 2020 10:33
Last Modified: 15 May 2020 18:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37469

Actions (login required)

View Item
View Item